Sabtu, 18 April 2020

Jadi Programmer Web maka Pasang Xampp

Pada tulisan kali ini kita akan mempelajari salah satu web server untuk membuat website yang cukup populer digunakan oleh para programmer atau developer, yaitu XAMPP. Lalu apa itu XAMPP ?

Menurut situs resminya XAMPP merupakan software aplikasi open source dan gratis yang bisa diinstall pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, dan Mac OS yang memiliki fungsi untuk membuat server sendiri pada PC/ Laptop (istilah lainnya Localhost).
Saat ini XAMPP merupakan lingkungan pengembangan PHP paling populer. Kenapa begitu ? karena XAMPP gratis dan sangat mudah digunakan.


XAMPP adalah software aplikasi pengembang yang digunakan untuk pengembangan website berbasis PHP dan juga sebagai server untuk local dalam pembuatan database dengan MySql.
Software aplikasi ini di buat dan dikembangkan oleh Apache Friends.
XAMPP memiliki kelebihan untuk bisa berperan sebagai server web Apache dalam melakukan simulasi pengembangan web. Tool pengembangan web ini mendukung teknologi web populer seperti PHP, MySql dan Perl.
Melalui XAMPP ini para web developer dapat menguji aplikasi web yang dikembangkan dan mempresentasikan secara langsung kepada orang lain tentang web yang dibangun pada komputer tanpa memerlukan koneksi internet, istilahnya membuka web secara offlline.
XAMPP juga berperan sebagai localhost, yaitu server yang dapat digunakan sebagai hosting website, sehingga dapat digunakan dalam mengembangkan aplikasi web berbasis database juga.
Software XAMPP ini banyak digunakan oleh kalangan pemrograman web, di mana para pembuat web ini dapat membangun web tanpa bantuan koneksi internet.

XAMPP ini merupakan software Gratis  yang bisa dijalankan pada Windows 2000/XP/Vista/7/8/10
Umumnya para developer aplikasi web lebih memilih mengembangkan webnya secara offline dibanding langsung online.
Perlu diketahui XAMPP adalah singkatan dari empat kata yaitu :
  • : artinya Cross Platform (Multiplatform). XAMPP bisa berjalan di berbagai Sistem Operasi seperti Windows, Linux, Mac OS, dan Solaris.
  • Apache : Web server open source yang dikembangkan oleh perusahaan Apache Software Foundation. Hampir 40% lebih website di dunia telah menggunakan Apache.
  • MariaDB: Dulu sebelum mariaDB “ M “ ini adalah MySQL, namun kini diganti dengan MariaDB. MariaDB merupakan software yang bisa kita gunakan untuk membuat dan mengolah database pada sebuah aplikasi. Software ini adalah pengembangan dari MySQL.
  • PHP : Bahasa pemrograman yang cukup populer di Indonesia maupun dunia ini memiliki fungsi untuk pengolahan server pada sebuah web.
  • Perl : Bahasa pemrograman ini umurnya cukup tua. Perl bersifat dinamis dan bisa digunakan untuk mendevelop berbagai program aplikasi.
Jadi bisa dibilang XAMPP ini adalah paket lengkap, karena sudah terdapat beberapa fitur dalam satu software saja.

Apache Friends adalah sebuah tim yang mengembangkan XAMPP. Terdiri dari tim inti, pengembang, dan tim dukungan. Mereka mengembangkan XAMPP dengan tujuan untuk memudahkan para pengembang dalam menggunakan Apache yang terdapat juga fitur MariaDB, PHP, dan Perl.

Sebelum kita mempelajari cara kerja XAMPP ada beberapa bagian penting yang harus dipahami fungsinya, yaitu Htdocs, Phpmyadmin, dan Control Panel.

  • Htdoc : adalah suatu folder yang terdapat pada XAMPP dan memiliki fungsi sebagai penyimpanan seluruh file-file atau halaman-halaman dari website yang nantinya akan ditampilkan oleh browser.
  • Phpmyadmin : adalah software yang bisa kita gunakan untuk mengolah semua database web yang sedang kita kembangkan.
  • Control Panel : Jika dalam dunia hosting dan domain ada Cpanel maka di XAMPP juga ada yaitu Control Panel. Fungsinya sama yaitu mengatur web, database, FTP, Modul, dan lain sebagainya.

Cara Kerja XAMPP :

  • XAMPP sangat mudah digunakan. Untuk mendapatkan software ini kamu bisa langsung mendowload pada situs resmi Apache Friends yaitu : https://www.apachefriends.org/index.html.
  • Setelah mendownload silahkan lakukan proses installasi. Untuk tutorialnya silahkan pelajari pada tautan ini : Lengkap! Cara Install Xampp Pada OS Windows, Linux, dan Mac OS
  • Buka folder htdoc yang terdapat pada direktori penginstallan XAMPP, lalu buat folder baru dan tempatkan seluruh file-file web (html, css, php, javascript) pada folder ini. Pastikan folder sudah diberi nama sesuai dengan web yang akan dibuat. Misal nama foldernya websekolah.
  • Jika sudah, buka Control Panel XAMPP kemudian jalankan apache dan mysql dengan cara menekan tombol start
  • Maka disini kita sudah bisa menggunakan XAMPP untuk dijadikan sebagai web server di komputer / laptop yang kita pakai untuk mengembangkan web.
  • Buka browser dan akses localhost/phpmyadmin. Buat database website disini
  • Jika database sudah selesai dibuat, maka saatnya kita mengetes aplikasi web yang sedang kita buat dengan cara : buka browser lalu ketikan localhost/websekolah (jika nama foldernya websekolah).
Di bawah ini adalah video cara instal xampp dan troubleshooting saat apache tidak bisa di running :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar