Sukses itu tak jatuh dari langit, melainkan
harus dikejar dan diupayakan. Salah satu cara untuk menghadapi sukses adalah
dengan pengaturan waktu yang baik.
Banyak orang yang mengeluh bahwa ia tidak
memiliki waktu yang cukup untuk menyelesaikan semua pekerjaannya. Apalagi untuk
memikirkan hal-hal lain, seperti olahraga atau kegiatan sosial yang mungkin
tidak berkaitan langsung, namun cukup berpengaruh terhadap kesuksesan.
Kadangkala yang terjadi adalah ketidakmampuan
mengatur waktu. Banyak tokoh sukses yang memiliki banyak waktu luang untuk
bercanda dengan keluarga atau melakukan hobinya. Mereka bukannya “kurang
kerjaan”, tapi memiliki kemauan. Mereka menyempatkan waktu untuk melakukan
hal-hal tersebut.
Berikut adalah tips yang dapat dipertimbangkan
untuk mengatur waktu agar lebih efektif.
PERTAMA
Periksa dulu pemakaian waktu anda
sekarang. Kalau perlu, buatlah daftar yang terdiri dari kolom “kegiatan” dan
“waktu yang dihabiskan”. Isilah berapa banyak waktu yang anda pakai untuk
bekerja (di kantor, di kampus, dan sebagainya), berapa banyak untuk makan,
berapa banyak untuk istirahat, berapa banyak untuk kegiatan-kegiatan lain.
Jika anda hanya mengira-ngira, hasilnya akan
kurang akurat. Dengan membuat daftar tertulis, Anda akan lebih teliti, bahkan
hitungan menit yang Anda habiskan untuk sebuah kegiatan. Jangan heran melihat
hasil perhitungan Anda nanti. Sebab, bukan tidak mungkin Anda lebih banyak
menghabiskan waktu untuk hal-hal kurang bermanfaat dibandingkan mengerjakan sesuatu
yang bermanfaat.
KEDUA
Setelah mengetahui hasilnya, Anda dapat
meninjau kembali apakah Anda sudah memanfaatkan waktu dengan efisien dan
efektif. Buatlah prioritas, yakini dengan mengalokasikan waktu lebih banyak
untuk hal-hal yang Anda anggap penting. Sebaliknya, kurangi waktu yang Anda
habiskan untuk hal-hal yang kurang penting.
KETIGA
Nah, dari priotitas tersebut, langkah ketiga adalah menyusun
jadwal harian baru. Ketika Anda menyusunnya, jangan asal membuat jadwal tanpa
ada komitmen untuk menepatinya.
KEEMPAT
jadilah orang yang realistis, tidak perlu menjadi orang yang
perfeksionis. Disiplin terhadap jadwal memang
penting, karena untuk itulah jadwal dibuat. Namun, Anda tidak perlu menjadi
robot, seakan-akan tak memiliki kehidupan lain diluar jadwal dan mengabaikan
hal-hal penting lainnya. Misalnya, sarapan. Karena pagi hari biasanya
terburu-buru, Anda mungkin menganggap sarapan adalah hal sepele.
Padahal Anda membutuhkan banyak energi untuk melakukan semua aktivitas Anda.
Anda dapat menyiasatinya dengan cara mengonsumsi sereal yang padat gizi, namun
praktis penyajiannya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar