Sabtu, 21 Maret 2020

Memotivasi Diri Untuk Belajar


Jika dilakukan survey, barang kali belajar akan menjadi salah satu kegiatan yang paling tidak diminati. Daripada belajar, seseorang pasti lebih tertarik untuk melakukan hobi, berkumpul bersama teman/nongkrong, berjalan-jalan seperti saya hehe, atau sekedar bersantai. Ya kan???.  Jawabannya pastilah J




Namun, bagi mereka yang menjalani studi, belajar atau mengulang kembali pelajaran yang diterima adalah hal yang mutlak untuk mendapatkan hasil optimal. So, apa yang harus dilakukan agar dapat memotivasi diri untuk belajar???. Beberapa tips di bawah ini mungkin dapat membantu J.

Pertama, belajar menyukai pelajaran. Melakukan sesuatu yang disukai jauh lebih mudah daripada melakukan hal yang tidak disukai. Seseorang yang menggemari hitung-menghitung pasti lebih merasa kerasaan di jurusan akuntasi, sementara seorang yang membenci menggambar seharusnya tidak memilih arsitektur. Akan tetapi, jika Anda wajib mengambil mata pelajaran yang tidak disukai, Anda dapat belajar menyukainya dengan cara mencari relevansi mata pelajaran tersebut dengan bidang yang Anda gemari. Misalnya, sebagai Mahasiswa jurusan komunikasi Anda kurang menyukai statiska yang sarat dengan hitung-hitungan, cobalah untuk memanfaatkan pengetahuan statiska Anda untuk memahami penelitian-penelitian ilmu komunikasi yang bersifat kuantitatif. “jangan salah jurusan yupzt!! J

Kedua tentukan target. Target  yang terlalu tinggi terkadang membuat kita patah semangat. Oleh karena itu, selalu ambil yang realistis dan jangka pendek. Usahakan untuk belajar belajar sedikit tapi sering, daripada belajar sekaligus dalam waktu singkat. Cara ini kayak saya menghafal surah Al-Qur’an waktu di Madrasah Aliyah, tiap 2 jam pagi, 2 jam siang, 2 jam malam menghafal 2 ayat surah madaniyah yang panjang dalam sehari, dan hasilnya membuat saya senang “maklum, walaupun gurunya sudah tua, tapi teliti banget tajwid bacaanya, jadi harus berhati-hati agar tdak diomelin. Namanya juga menghafal pasti ada yang kelewat hafalannya hehehe curhat.com”.

Ketiga, belajar bersama. Memotivasi diri sendiri memang sulit. Akan jauh lebih mudah jika Anda belajar bersama, baik dalam bentuk diskusi atau menyelesaikan tugas bersama. Pilihlah teman yang memiliki gagasan dan sama-sama berniat untuk belajar. Jika tidak, waktu belajar anda lebih banyak dihabiskan untuk bermain atau mengobrol tak karuan.

Keempat, jangan lupa penyegaran (REFRESH). Belajar terus menerus akan membuat Bete/Garing  dan jika dipaksakan hasilnya tidak akan optimal. Bagilah waktu Anda, sehingga masih tersedia waktu untuk menyegarkan pikiran. Jalan-jalanlah bersama teman, menonton film, atau membaca novel. “kalau saya mah, membaca komik, ataupun main aplikasi game hehe”. Anda dapat juga memilih kegiatan ekstrakurikuler atau berorganisasi, sehingga mendapat suasana lain yang membuat Anda tidak jenuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar