Senin, 16 Maret 2020

Ga Perlu Cemas, Mari Kenali Apa itu Virus Corona dan Bagaimana Efeknya

Tahun 2020 Indonesia diuji dengan banjir Nasional dan Angka Kematian yang terus bertambah Peningkatan kasus kematian karena Virus Corona terus meningkat. Virus Corona ini sudah masuk skala International, dari dua hal tersebut mari kita sejenak merenung dan beristighfar.

Apa itu Virus Corona yang diberi nama COVID-19 ? Jadi virus tersebut mulai heboh dari akhir tahun 2019 hingga bernama Virus 2019 Novel Corona Virus (2019-nCoV) yang bisa menyebabkan gangguan pernapasan, pneumonia akut, bahkan sampai kematian. Virus ini bisa menyerang siapa aja baik anak - anak, bayi, orang dewasa, lansia, ibu hamil, dan ibu menyusui. Infeksi virus ini disebut COVID-19 dan pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan cepat dan telah menyebar ke wilayah lain di Cina dan ke beberapa negara termasuk Indonesia.

Coronavirus adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini menyebabkan infeksi pernapasan ringan seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru - paru (pneumonia), Middle-East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).


GEJALA VIRUS CORONA

Infeksi Virus Corona atau COVID-19 bisa menyebabkan penderitaannya mengalami gejala flu, seperti demam, pilek, batuk, sakit tenggorokan, dan sakit kepala; atau gejala penyakit infeksi pernapasan berat, seperti demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas, dan nyeri dada.

Numun, secara umum ada 3 gejala umum yang bisa menandakan terinfeksi virus corona, yaitu :
- Demam (Suhu tubuh diatas 38 derajat celcius)
- Batuk
- Sesak Napas

Menurut penelitian, gejala COVID-19 muncul dalam waktu 2 hari sampai 2 minggu setelah terpapar virus Corona.

KEBIJAKAN PEMERINTAH

Saya yang tinggal di Bekasi, banyak berita berita tentang Virus Corona bahkan pada hari Sabtu tanggal 14 Maret 2020 pemerintah melakukan LockDown. Apa itu Lock Down ?

Pahami arti kata dahulu ya, ada istilah LOCKDOWN, ISOLASI, dan KARANTINA.

-Lockdown berdasarkan kamus bahasa Inggris adalah kuncian yang berarti Negara yang terinfeksi virus corona mengunci akses masuk dan keluar untuk mencegah virus corona yang lebih luas

-Isolasi berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia yaitu Pemisahan suatu hal dari hal lain atau usaha memencilkan manusia dari manusia lain, pengasingan, pemencilan, pengucilan.

-Karantina berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia yaitu Tempat penampungan yang lokasinya terpencil guna mencegah terjadinya penularan (pengaruh dan sebagainya) penyakit dan sebagainya.

Dari tanggal 14 Maret 2020 hari sabtu Pemerintah Kota Bekasi meliburkan Siswa sampai 31 Maret 2020,  Dua perayaan HUT Kota Bekasi ke 23 ditunda yaitu Bekasi Night Festival dan Bekasi Fashion Week, Car Free Day ditiadakan, UNBK sekolah diundur, dan Beberapa Kampus diliburkan.









akan tetapi karakter Virus ini perlu kalian ketahui, bahwa ini bisa untuk mencegah

KARAKTER VIRUS









PERBEDAAN FLU, SALESMA, DAN CORONA




LEBIH BAIK MENCEGAH DARIPADA MENGOBATI

Yup, slogan ini benar lebih baik mencegah daripada mengobati. Kita tidak perlu panik terhadap virus mematikan ini. Makanlah gizi seimbang, terapkan pola hidup sehat, jaga kebersihan, dan jangan lupa tetap mengimani beribadah ke Esa an Tuhan yaitu Allah SWT.





Semoga kita Selalu dalam lindungan Allah dan terhindar dari segala jenis penyakit, Aamiin ya Rabb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar