Kamis, 19 Maret 2020

Normalisasi Sesi 1

Dikarenakan wabah virus Corona maka kebijakan pemimpin STMIK Bani Saleh Bekasi adalah menggunakan metode perkuliahaan jarak jauh, caranya bebas boleh pakai aplikasi apa saja. Nah disini saya menggunakan blog dan youtube sebagai media untuk pengganti matakuliah pertemuan ke 6. Jadi untuk kelas D3MI2AP, D3KA2AP, dan D3TK4AP maka sebagai bukti kehadiran jangan lupa ketik NPM dan Nama dikolom komentar Youtube ya dan jangan lupa di Subscribe agar kami bahagia hehe.


NORMALISASI
Ok pembahasan pertama adalah Normalisasi. Normalisasi adalah proses pembentukan struktur basis data sehingga sebagian besar ambiguity bisa dihilangkan. Digunakan untuk memastikan bahwa basis data yang dibuat berkualitas baik. Tahap normalisasi yang paling ringan (1NF) dan yang paling ketat (5NF). Biasanya hanya sampai pada tingkat 3NF atau BCNF, karena sudah cukup memadai untuk menghasilkan tabel - tabel yang berkualitas baik.

Sebuah tabel dikatakan baik (efisien) atau normal jika memenuhi 3 kriteria sebagai berikut :

  1. Jika ada dekomposisi (penguraian) tabel, maka dekomposisinya harus dijamin aman (Losssles-Join Decompotion). Artinya, setelah tabel tersebut diuraikan / didekomposisi menjadi tabel - tabel baru, tabel baru tersebut bisa menghasilkan tabel semula dengan sama persis.
  2. Terpeliharanya ketergantungan fungsional pada saat perubahan data (Depency Preservation).
  3. Tidak melanggar Boyce-Code Normal Form(BCNF) yang mana BCNF akan dijelaskan kemudian.
Jika kriteria ketiga (BCNF) tidak dapat terpenuhi maka paling tidak tabel tersebut tidak melanggar betuk normal tahap ketiga (3rd Normal Form / 3NF).

TABEL UNIVERSAL / UNNORMAL

Tabel Universal (Universal / Star Table) adalah sebuah tabel yang merangkum semua kelompok data yang saling berhubungan, bukan merupakan  tabel yang baik.
Contoh :

FUNCTIONAL DEPEDENCY

Notasi : A ke B
A dan B adalah atribut dari sebuah tabel. Berarti secara fungsional A menentukan B atau B tergantung pada A, jika dan hanya jika ada 2 baris data dengan nilai A sama, maka nilai B juga sama.

Notasi A Tidak Ke B
Adalah kebalikan dari notasi sebelumnya

Contoh




BENTUK - BENTUK NORMAL 

  1. Bentuk normal tahap pertama (1st Normal Form / 1NF)
  2. Bentuk normal tahap kedua (2nd Normal Form / 2NF)
  3. Bentuk normal tahap ketiga (3rd Normal Form / 3NF)
  4. Boyce-Code Normal Form (BCNF)
  5. Bentuk normal tahap keempat (4th Normal Form / 4NF)
  6. Bentuk normal tahap kelima (5th Normal Form / 5 NF)
BENTUK NORMAL TAHAP PERTAMA (1st NORMAL FORM / 1NF)

Bentuk normal 1NF terpenuhi jika sebuah tabel tidak memiliki atribut bernilai banyak (multivalue attribute), attribute composite atau kombinasinya dalam dalam domain data yang sama. Setiap atribut dalam tabel harus bernilai atomic (tidak dapat dibagi bagi)

Tahap - Tahap Pembuatan Normalisasi Tabel dapat dilihat pada Video Youtube berikut :
Untuk daftar hadir wajib ketik komen NPM dan Nama Panjang, dan Jangan lupa di Subscribe ya



Foto struk yang jadi tugas :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar