Selasa, 24 Maret 2020

Normalisasi Sesi 2 (End)

Sebelumnya saya pernah memposting cara membuat normalisasi untuk sesi 1, sesi 2 kali ini adalah sebagai cara yang terakhir yang dibahas dalam melakukan normalisasi tabel database.

BENTUK NORMAL TAHAP KEDUA (2ND / NORMAL FORM)

Bentuk normal 2NF terpenuhi dalam sebuah tabel jika telah memenuhi 1NF, dan semua atribut selain primary key, secara utuh memiliki Functional Depedency pada primary key. Sebuah tabel tidak memenuhi 2NF, jika atribut yang ketergantungannya (Functional Depedency) hanya bersifat parsial saja (hanya tergantung pada sebagian dari primary key). Contoh :



BENTUK NORMAL TAHAP KETIGA (3RD NORMAL FORM / 3NF)

Bentuk normal 3NF terpenuhi :

  1. Jika telah memenuhi bentuk 2NF, dan
  2. Jika tidak ada atribut yang bukan kunci memiliki ketergantungan transitif (tidak secara langsung) pada primary key.

Contoh :



BOYCE-CODE NORMAL FORM (BCNF)

Bentuk BCNF terpenuhi dalam sebuah tabel, jika untuk setiap functional depedency terhadap setiap atribut atau gabungan atribut dalam bentuk : X->Y maka X adalah super key.
Tabel tersebut harus di-dekomposisi berdasarkan functional depedency yang ada, sehingga X menjadi super key dari tabel-hasil dekomposisi.
Setiap tabel BCNF merupakan 3NF, Akan tetapi 3NF belum tentu termasuk BCNF. BCNF merupakan perbaikan bagi 3NF yang anomali.
Contoh :

Solusi BCNF :
Memenuhi BCNF :
Video Pembuatan Cara Normalisasi Lanjutan :
Ok dibawah ini adalah lanjutan cara membuat normalisasi dari sebelumnya, bagi yang mau nonton sok atuh :

ok jangan lupa di youtube tersebut diisi NPM, Nama, dan Kelas pada kolom komentar dan di Subscribe Videonya sebagai bukti kehadiran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar